Tuesday, March 27, 2018

Seragam Kerja Batik? Kenapa nggak? Silakan Anda Cek Dulu Penjelasan Berikut Ini!

Posted by Bayu Win

Seragam Kerja Batik? Kenapa nggak? Silakan Anda Cek Dulu Penjelasan Berikut Ini!
Halo! Anda ingin me-refresh seragam kerja kantor di kantor? Jika ya, rasanya seragam kerja batik merupakan ide bagus. Baju seragam dengan motif batik tidak hanya unik motif dan coraknya, tapi juga modelnya. Nggak Cuma busana wanitanya, tapi versi pria juga ada beberapa pilihan model yang tidak membosankan.

Seragam batik memang menyegarkan suasana, nggak kaku, justru fleksibel untuk berbagai suasana dan kesempatan. Jadi, kalau kebetulan kantor Anda bergerak di bisnis barang atau jasa, tidak harus menciptakan suasana yang kaku untuk suasana kantor yang serius. Terlebih, kalau kantor Anda bergerak di bidang kreatif. Penampilan semi formal bisa Anda terapkan, tapi tetap elegan sehingga komunikasi visual kepada klien juga menyenangkan.

Lalu, seperti apa ya, seragam kerja batik itu?

Kemeja Batik Kerja untuk Pria

Potongan kemeja standar adalah busana yang cocok untuk pria. Usahakan agar kemeja batik tersebut berukuran pas, atau tidak terlalu besar. Bisa dibilang, semua motif batik cocok dijadikan kemeja.
Namun sebagai bentuk variasi, pada beberapa bagian, misalnya pada bagian dada atau punggung atas diberi detil warna kain yang senada dengan warna batik, misalnya coklat polos. Tak hanya itu, variabel lain juga bisa motif kanan dan kiri yang dibuat beda.

Kemeja Batik Kerja untuk Wanita

Potongan kemeja yang feminin bisa dilihat dari potongan pada lekukan pinggang. Tentunya nggak elok jika wanita menggunakan kemeja pria. Kalaupun terpaksa, kemeja yang paling tepat adalah tidak kebesaran, dan ujung kemeja dimasukkan ke bawahan, baik rok atau celana panjang.
Tapi sekali lagi, untuk tujuan membuat seragam kerja, sebaiknya untuk karyawan wanita dibuatkan model yang feminin. Bedanya selain lekukan di pinggang juga ada pada bentuk lengan; baik yang dibuat melebar atau menggelembung, lalu bentuk kerah yang beda dari kerah kemeja formal, dan pada bentuk dress terusan selutut.

Untuk karyawati yang berjilbab, tentu Anda perlu juga membuat dengan desain yang sesuai syariah, yaitu dengan lengan panjang dan bawahan berupa celana atau rok panjang. Jilbab dengan warna senada dan bercorak polos cocok sebagai pilihan. Sama dengan bawahan yang sebaiknya dibuat dari bahan polos, jilbab lebih bagus dibuat dengan warna polos agar tidak terlihat terlalu ‘ramai’.

Apa Saja Motifnya?

Cukup banyak! Kalau Anda orang yang menyukai corak batik, minimal terdapat 4 motif batik yang sudah terkenal sebagai pilihan.
1.    Batik Motif Kawung

Pastinya motif batik ini sudah sangat biasa. Motif elips, setengah bulat yang tersusun membentuk segi empat ini adalah motif sempat hanya boleh digunakan oleh kalangan Keraton. Namun sekarang, siapapun bisa menjadikan batik motif kawung menjadi busana yang keren.
2.    Batik Motif Mega Mendung

Motif batik ini merupakan produksi Cirebon. Motifnya cukup unik, kalau Anda perhatikan benar-benar seperti lukisan garis awan yang berkumpul seperti hendak turun hujan. Namun motifnya indah dilihat. Dan tak hanya itu, ternyata motif Mega Mendung mengandung makna pemimpin yang mengayomi. Filosofi ini sangat cocok dengan kegiatan bisnis dengan leadership yang kuat.
3.    Batik Motif Pekalongan

Motif Pekalongan terbilang unik, karena terdiri dari banyak bentuk, dengan warna-warna yang cerah. Bukan hanya warna-warna tanah seperti batik-batik Jawa secara umum, Batik Pekalongan juga dibuat dengan pilihan warna lain seperti biru, merah, bahkan ungu dan hijau.
4.    Batik Sidamukti

Meskipun motif batik ini tetap memungkinkan untuk dibuat seragam pria, tapi pada kenyataannya, Batik Sidamukti bisa dibilang merupakan monopoli kaum hawa. Batik dengan susunan motif menyerupai ketupat ini tampak simetris, menghadirkan kesan yang sangat tradisional tapi tetap elegan sebagai seragam kerja.


Banyak bisnis yang kelihatan makin keren dengan pemberlakuan seragam kerja batik. Bukan hanya untuk kegiatan di perkantoran saja. Bisnis di lapangan banyak yang memberlakukan seragam kerja batik, misalnya untuk bisnis kafe atau rumah makan dengan nuansa tradisional yang khas.
Untuk membuat seragam kerja batik, dan untuk bertanya lebih detail mengenai desain, Anda bisa segera menghubungi kami CEK >> SERAGAM KERJA